Rabu, 29 Juni 2016

E Marketing



Definisi E-Marketing
Suatuusahamengaplikasikanteknologi digital yang berasaldari online channels untukmemberikankontribusikepadaaktivitas marketing dalammencapaipeningkatankeuntungandanhubungandengan customer denganmeningkatkanpengetahuan customer kemudianmengirimkanpelayanandankomunikasi online yang sesuaidengankebutuhan customer.” (Dave Chaffey, 2000)
E-Marketing menurutArmstrong danKottler (2004:74)adalahsisipemasarandari E-Commerce, yang terdiridarikerjadariperusahaanuntukmengkomunikasikansesuatu, mempromosikan, danmenjualbarangdanjasamelalui internet.
Menurut American Marketing Association yang dikutipolehKleindldan Burrow (2005) marketing adalah proses perencanaandanpelaksanaandari ide ataupemikirankonsep, harga, promosidandistribusi. Marketing dapatdiartikanlebihsederhanayaknipembangunandanpemeliharaanhubungan yang salingmemuaskanantaraperusahaandankonsumen.
Pengertian Internet Marketing secaragarisbesaradalahmelakukansuatutindakanpemasaranprodukatausuatujasa yang di pasarkanmelalui media internet (online).DalamPengertian Internet Marketing di sebutjuga e-marketing atau e-pemasaran (electronic) dantidakjauhberbedadenganpemasaransecara offline. Internet Marketing (emarketing) adalahdari proses danpromosidalamorgaminisasi yang menggunakan media online.” (Wikipedia)
Tujuan E-Marketing
Smith dan Chaffey, mengutipChaffey , Ellis-Chadwick, Mayer, Johnston,(2006:9), mengatakanbahwa e-marketing bisadigunakanuntukmeraihtigatujuan:
·         Identifying – Internet bisadigunakansebagairisetpasaruntukmengetahuikebutuhandankeinginankonsumen.
·         Anticipating – Internet memberikan channel tambahan yang bisadipakaikonsumenuntukmengaksesinformasidanmelakukanpembelian.
·         Satisfying – Kuncisuksesdalam  e-marketing adalahmencapaikepuasanpelangganmelalui channel elektronik, yang manamenimbulkanpertanyaanseperti:apakahsitusnyamudahdigunakan, apakahperformanyamemadai, apasajastandar customer service yang terkaitdanbagaimanaprodukfisikdiantarkan.
Kelebihan Internet Marketing
  1. Pemasaranbisnisanda di internet memberiakses yang luasdaripelangganpotensial. Telahdiperkirakanbahwabeberapamiliar orang di seluruhduniamenggunakan internet setiapharinya. Jadi, pemasaranbisnisuntuksebuahkelompokbesarhanyamelalui Internet.
  2. Internet adalahsatu-satunya media yang mampumelintasibatas-batasgeografisdannasional. Andadapatmenempatkaniklan di internet dan orang-orang dariseluruhnegara di duniadapatmelihatiklanitu.
  3. Biayamempromosikanbisnisanda di internet lebihmurahdaripada media pemasaranlainnya. Hal inimembuatmudahbagiusahakecildanmenengahuntukmengiklankanprodukmereka.
  4. Internet memungkinkanandauntuktetapterhubungdenganpelanggansecara real time. Jikaandamemilikidiskon, andadapatdenganmudahmengirim email kepelanggandanmerekadapatlangsungmembeliproduk. Internet jugamemungkinkanandauntukmengirimbeberapapesanpadasaat yang sama, yang berartibahwaandadapatmengirimkan newsletter kepadasetiapklien.
  5. Internet marketing memungkinkanandauntukmendapatkanumpanbalikinstandaripelanggan. Pelanggandapatmembiarkanandatahutentangpengalamanmerekasetelahmenggunakanprodukdaninimemungkinkanandauntukmengetahuiapakahandaperlumembuatperbaikanlayanan.
  6. Internet marketing menghematbanyakwaktudanusaha. Seseorangdapatmenempatkansemuainformasitentangprodukataujasa di internet, sehinggapelanggandapatmengetahuinya. Cara yang paling umumuntukmelakukannyaadalahuntukmemilikibagian yang didedikasikanuntukpertanyaan yang seringdiajukan (FAQ) tentangproduksehinggapelangganmendapatkansemuainformasi yang diperlukantentangprodukataulayanan.
  7. Internet marketing memungkinkanbisnisandaakantersedia 24/7, yang berartipeningkatanpenjualandankeuntungan.
Kekurangan Internet Marketing
  1. Meskipunpemasaran internet memungkinkanjangkauan yang lebihluas, biayaawaldarisebuahsitusbisatinggi. Initermasukbiayaperangkatlunak yang diperlukandan hardware, danbiayapemeliharaan.
  2. Masihbanyakpelanggan yang menggunakan internet hanyauntukmemilikiinformasilebihlanjuttentangprodukdanlebihmemilihuntukmembelisecaralangsung. Misalnya, pemasaran internet memungkinkanpelangganuntukmelihatbagaimanacontohbarangsepertitelepondanspesifikasiteknis, namunpelangganlebihmemilihmelihatdanmembeliponsel di toko.
  3. Banyaknyapelanggan yang tidakmahirdalammenggunakan internet dapatmenyebabkanandakehilanganparapelanggan.
  4. Aturanperubahanperdagangan yang berkembangdalampemasaran internet, danitumembutuhkanperhatiankonstandanpemantauanuntukmemastikanbahwastrategipemasaranandatidakterlihat out of date.
  5. Kerugianterbesardari internet marketing adalahkerentananterhadapkegiatanpenipuan. Ada banyak website yang tidaksahterlihatmiripdengansitus-situsaslidanmerampokuangpelanggan. Spamming jugamerupakansalahsatutantanganterbesaruntukpemasaran internet dan data rahasiadapatdenganmudahdicurioleh hacker.
  6. Internet marketing tidakmemilikisentuhanmanusiasecaralangsungketikapelangganmembeliproduk. Inimenghambatprospekmembangunhubungan yang memainkanperananpentingdalampenjualankonstandanpublisitasmulut/ word of mouth.
  7. Internet marketing sangatbergantungpadateknologi, yang rentanterhadapkesalahanteknis. Misalnya, jikapelangganmengklikpadaiklananda, tetapikarenakesalahanteknismenjaditidakmampuuntukmembeliproduk, iadapatdenganmudahmenjadimarahdanmengalihkanbisnisnyaketempat lain.
Jenis-JenisE-Marketing

1.      Blogging

Kegiatan Internet Marketing yang mencaripenghasilanlewat blog danseringdisebutmemonetisasi, banyakcarauntukmemonetisasi blog seperti:
a. Pay Per Click (PPC) - publisher di bayarmenurutbanyaknyaklikiklan yang dipasang di blog.
*. Google Adsense
*. Chitika
*. KumpulBlogger
*. Bidvertiser
*. Infolinks, dll


b. Cost Per Million (CPM) - Monetisasi blog lewatiklan popup/popunderdibayar per 1000 impresi.

*. PopAds

*. PopCash

*. Infolinks, dll


2.      Affiliate Marketing

Kegiataniniadalahmenjualkembaliproduk virtual ataufisikdengancarapromosi. Komisiakandidapatdarisetiapsatuprodukberhasil di jual. Cara promosiproduk affiliate dapatmenggunakanblog.


3.      MenjualProdukSendiri

Internet Marketing sejenisini yang paling mudahdipahami, karenaberkaitandenganpenjualandanpemasaran.


4.      Pelelangan (Online Auction)

di DuniaBisnis Online ada yang dinamakanpelelangan, jikakitamemilikiproduk yang bisadijualmakalebihmenguntungkanjikakitalelangkansajadanmemilihdenganpenawarantertinggi. Situspelelangan paling populeryaituebay, flippa, dll.



5.      Advertising PPC (PPC Ads)

Marketing ini di tujukanuntukmempromosikansesuatu. Produkkitatersebutakan di promosikanpenyedia PPC yang iklannyaakanditempelkanpada blog publisher. Untukpromosi PPC Ads harusmengeluarkanuang. Penyedia advertiser yaitu, kumpulblogger, chitika, adsensecamp, dll



6.      SEO (Search Engine Optimzation)

Seotidakmembutuhkanbiayauntukpromosi, karenapromosijenisinidilakukankarenakeahliankitauntukmengoptimasi website kita agar menempatiposisiterbaik di MesinPencari.



7.      Email Marketing

Email Marketing adalah cara pemasaran yang sering dilakukan oleh para pebisnis online dengan memanfaatkan media email (surat elektronik). Email marketing ini dikirimkan kepada calon pelanggan yang belum pernah membeli produk, dan juga kepada pelanggan yang sudah menjadi pelanggan. Selain mengirimkan email penawaran produk ke calon pembeli, media email juga sering digunakan sebagai media untuk menjalin hubungan baik dengan para subscriber melalui email news letter.



5 AktifitasIntiDalam E-Marketing
Ø  Sell=meningkatkanpenjualan
Ø  Serve=memberikannilailebihkepada customer
Ø  Speak=mendekatkandiripada customer denganmenciptakankomunikasi yang mudah
Ø  Save=menghematbiaya, secarakhususpadabiayapemasaran.
Ø  Sizzle=memperluasjaringan customer yang mengenalmerk yang sudahadadanproduk – produk yang dihasilkannya

0 komentar:

Posting Komentar