Definisi E-Marketing
Suatuusahamengaplikasikanteknologi
digital yang berasaldari online channels
untukmemberikankontribusikepadaaktivitas marketing
dalammencapaipeningkatankeuntungandanhubungandengan customer
denganmeningkatkanpengetahuan customer
kemudianmengirimkanpelayanandankomunikasi online yang sesuaidengankebutuhan
customer.” (Dave Chaffey, 2000)
E-Marketing menurutArmstrong danKottler (2004:74)adalahsisipemasarandari
E-Commerce, yang terdiridarikerjadariperusahaanuntukmengkomunikasikansesuatu,
mempromosikan, danmenjualbarangdanjasamelalui internet.
Menurut American Marketing
Association yang dikutipolehKleindldan
Burrow (2005) marketing adalah proses perencanaandanpelaksanaandari ide
ataupemikirankonsep, harga, promosidandistribusi. Marketing
dapatdiartikanlebihsederhanayaknipembangunandanpemeliharaanhubungan yang
salingmemuaskanantaraperusahaandankonsumen.
Pengertian Internet Marketing
secaragarisbesaradalahmelakukansuatutindakanpemasaranprodukatausuatujasa yang
di pasarkanmelalui media internet (online).DalamPengertian Internet Marketing
di sebutjuga e-marketing atau e-pemasaran (electronic)
dantidakjauhberbedadenganpemasaransecara offline. Internet Marketing
(emarketing) adalahdari proses danpromosidalamorgaminisasi yang menggunakan
media online.” (Wikipedia)
Tujuan E-Marketing
Smith
dan Chaffey, mengutipChaffey , Ellis-Chadwick, Mayer, Johnston,(2006:9),
mengatakanbahwa e-marketing bisadigunakanuntukmeraihtigatujuan:
·
Identifying – Internet
bisadigunakansebagairisetpasaruntukmengetahuikebutuhandankeinginankonsumen.
·
Anticipating – Internet memberikan
channel tambahan yang
bisadipakaikonsumenuntukmengaksesinformasidanmelakukanpembelian.
·
Satisfying – Kuncisuksesdalam e-marketing
adalahmencapaikepuasanpelangganmelalui channel elektronik, yang
manamenimbulkanpertanyaanseperti:apakahsitusnyamudahdigunakan,
apakahperformanyamemadai, apasajastandar customer service yang
terkaitdanbagaimanaprodukfisikdiantarkan.
Kelebihan
Internet Marketing
- Pemasaranbisnisanda di internet memberiakses yang luasdaripelangganpotensial. Telahdiperkirakanbahwabeberapamiliar orang di seluruhduniamenggunakan internet setiapharinya. Jadi, pemasaranbisnisuntuksebuahkelompokbesarhanyamelalui Internet.
- Internet adalahsatu-satunya media yang mampumelintasibatas-batasgeografisdannasional. Andadapatmenempatkaniklan di internet dan orang-orang dariseluruhnegara di duniadapatmelihatiklanitu.
- Biayamempromosikanbisnisanda di internet lebihmurahdaripada media pemasaranlainnya. Hal inimembuatmudahbagiusahakecildanmenengahuntukmengiklankanprodukmereka.
- Internet memungkinkanandauntuktetapterhubungdenganpelanggansecara real time. Jikaandamemilikidiskon, andadapatdenganmudahmengirim email kepelanggandanmerekadapatlangsungmembeliproduk. Internet jugamemungkinkanandauntukmengirimbeberapapesanpadasaat yang sama, yang berartibahwaandadapatmengirimkan newsletter kepadasetiapklien.
- Internet marketing memungkinkanandauntukmendapatkanumpanbalikinstandaripelanggan. Pelanggandapatmembiarkanandatahutentangpengalamanmerekasetelahmenggunakanprodukdaninimemungkinkanandauntukmengetahuiapakahandaperlumembuatperbaikanlayanan.
- Internet marketing menghematbanyakwaktudanusaha. Seseorangdapatmenempatkansemuainformasitentangprodukataujasa di internet, sehinggapelanggandapatmengetahuinya. Cara yang paling umumuntukmelakukannyaadalahuntukmemilikibagian yang didedikasikanuntukpertanyaan yang seringdiajukan (FAQ) tentangproduksehinggapelangganmendapatkansemuainformasi yang diperlukantentangprodukataulayanan.
- Internet marketing memungkinkanbisnisandaakantersedia 24/7, yang berartipeningkatanpenjualandankeuntungan.
Kekurangan Internet Marketing
- Meskipunpemasaran internet memungkinkanjangkauan yang lebihluas, biayaawaldarisebuahsitusbisatinggi. Initermasukbiayaperangkatlunak yang diperlukandan hardware, danbiayapemeliharaan.
- Masihbanyakpelanggan yang menggunakan internet hanyauntukmemilikiinformasilebihlanjuttentangprodukdanlebihmemilihuntukmembelisecaralangsung. Misalnya, pemasaran internet memungkinkanpelangganuntukmelihatbagaimanacontohbarangsepertitelepondanspesifikasiteknis, namunpelangganlebihmemilihmelihatdanmembeliponsel di toko.
- Banyaknyapelanggan yang tidakmahirdalammenggunakan internet dapatmenyebabkanandakehilanganparapelanggan.
- Aturanperubahanperdagangan yang berkembangdalampemasaran internet, danitumembutuhkanperhatiankonstandanpemantauanuntukmemastikanbahwastrategipemasaranandatidakterlihat out of date.
- Kerugianterbesardari internet marketing adalahkerentananterhadapkegiatanpenipuan. Ada banyak website yang tidaksahterlihatmiripdengansitus-situsaslidanmerampokuangpelanggan. Spamming jugamerupakansalahsatutantanganterbesaruntukpemasaran internet dan data rahasiadapatdenganmudahdicurioleh hacker.
- Internet marketing tidakmemilikisentuhanmanusiasecaralangsungketikapelangganmembeliproduk. Inimenghambatprospekmembangunhubungan yang memainkanperananpentingdalampenjualankonstandanpublisitasmulut/ word of mouth.
- Internet marketing sangatbergantungpadateknologi, yang rentanterhadapkesalahanteknis. Misalnya, jikapelangganmengklikpadaiklananda, tetapikarenakesalahanteknismenjaditidakmampuuntukmembeliproduk, iadapatdenganmudahmenjadimarahdanmengalihkanbisnisnyaketempat lain.
Jenis-JenisE-Marketing
1. Blogging
Kegiatan Internet Marketing yang mencaripenghasilanlewat blog
danseringdisebutmemonetisasi, banyakcarauntukmemonetisasi blog seperti:
a. Pay Per Click (PPC) - publisher di bayarmenurutbanyaknyaklikiklan yang
dipasang di blog.
*. Google Adsense
*. Chitika
*. KumpulBlogger
*. Bidvertiser
*. Infolinks, dll
b. Cost Per Million (CPM) - Monetisasi blog lewatiklan popup/popunderdibayar
per 1000 impresi.
*. PopAds
*. PopCash
*. Infolinks, dll
2. Affiliate
Marketing
Kegiataniniadalahmenjualkembaliproduk virtual ataufisikdengancarapromosi.
Komisiakandidapatdarisetiapsatuprodukberhasil di jual. Cara promosiproduk
affiliate dapatmenggunakanblog.
3. MenjualProdukSendiri
Internet Marketing sejenisini yang paling mudahdipahami,
karenaberkaitandenganpenjualandanpemasaran.
4. Pelelangan
(Online Auction)
di DuniaBisnis Online ada yang dinamakanpelelangan, jikakitamemilikiproduk yang
bisadijualmakalebihmenguntungkanjikakitalelangkansajadanmemilihdenganpenawarantertinggi.
Situspelelangan paling populeryaituebay, flippa, dll.
5. Advertising
PPC (PPC Ads)
Marketing ini di tujukanuntukmempromosikansesuatu. Produkkitatersebutakan di
promosikanpenyedia PPC yang iklannyaakanditempelkanpada blog publisher.
Untukpromosi PPC Ads harusmengeluarkanuang. Penyedia advertiser yaitu,
kumpulblogger, chitika, adsensecamp, dll
6. SEO
(Search Engine Optimzation)
Seotidakmembutuhkanbiayauntukpromosi,
karenapromosijenisinidilakukankarenakeahliankitauntukmengoptimasi website kita
agar menempatiposisiterbaik di MesinPencari.
7. Email
Marketing
Email Marketing adalah cara pemasaran yang sering dilakukan oleh
para pebisnis online dengan memanfaatkan media email (surat elektronik). Email
marketing ini dikirimkan kepada calon pelanggan yang belum pernah membeli
produk, dan juga kepada pelanggan yang sudah menjadi pelanggan. Selain
mengirimkan email penawaran produk ke calon pembeli, media email juga sering
digunakan sebagai media untuk menjalin hubungan baik dengan para subscriber
melalui email news letter.
5 AktifitasIntiDalam E-Marketing
Ø Sell=meningkatkanpenjualan
Ø Serve=memberikannilailebihkepada customer
Ø Speak=mendekatkandiripada customer
denganmenciptakankomunikasi yang mudah
Ø Save=menghematbiaya, secarakhususpadabiayapemasaran.
Ø Sizzle=memperluasjaringan customer yang mengenalmerk yang
sudahadadanproduk – produk yang dihasilkannya
0 komentar:
Posting Komentar